facebook google plus

3 Hal Wajib Yang Diperlukan Dalam Marketing Online

Pernahkah anda berfikir mengapa perusahaan besar bisa memiliki produk yang sangat populer dan diminati masyarakat?

Kampanye pemasaran, atau sering disebut juga kampanye marketing, adalah jawabannya. Nah, kampanye marketing ini memerlukan anggaran khusus agar dapat berjalan efektif.

Lalu berapa biaya yang harus dikeluarkan agar kampanye marketing dapat berjalan efektif?

Faktanya dalam kampanye marketing, soal anggaran ini cukup menarik.

Tidak banyak perusahaan yang bersedia membuka rahasia dapur kampanye marketing yang mereka jalankan. Termasuk rinciannya seperti strategi, target pasar, bentuk iklan, maupun alokasi anggaran yang digunakan. Kompetitor, juga publik, hanya bisa menebak-nebak apa yang sebenarnya mereka rencanakan guna memperoleh hasil maksimal dari kampanye marketing.

Tapi setidaknya Anda bisa mendapatkan sedikit gambaran di sini.

Menurut laporan Deloitte yang dimuat di The Wall Street Journal, perusahaan responden rata-rata menghabiskan 7,5% dari total revenue untuk budget marketing.

Dari angka ini, perusahaan yang bergerak dalam industri consumer packaged goods, sebagian besar menyediakan produk kebutuhan sehari-hari (seperti minuman ringan, kosmetik, barang kelontong, dan lain-lain), memiliki rata-rata anggaran pemasaran sebesar 24% dari total anggaran belanja.

Pendek kata, perusahaan-perusahaan ini mengalokasikan anggaran yang cukup besar hanya untuk kampanye pemasaran saja.

Seakan kontras dengan perusahaan besar, banyak perusahaan kecil dan menengah mengabaikan kampanye marketing untuk mendapatkan lebih banyak pelanggan. Sebagian yang lain malah beranggapan bahwa kampanye marketing hanya buang-buang uang karena terkadang hasilnya tidak sesuai harapan.

Kampanye marketing apapun dapat berjalan dengan baik apabila Anda melakukakannya dengan benar. Kami mengerti betul bahwa kata ‘benar’ di sini memang sifatnya sangat relatif. Satu-satunya hal yang menjadi tolok ukur di sini hanyalah apakah kampanye tersebut dapat berjalan sesuai dengan kondisi bisnis Anda atau tidak.

Kampanye Marketing Online adalah Langkah Terbaik bagi Bisnis Anda

Di tengah maraknya bisnis berbasis internet dewasa ini, marketing online adalah solusi yang tepat. Bayangkan, separuh penduduk Indonesia kini telah mengakses internet. Berbekal marketing online, Anda dapat menjangkau mereka semua.

Banyak perusahaan besar telah berhasil mengandalkan marketing online sebagai salah satu strategi pemasaran yang mereka jalankan. Anda pun dapat menjalankan kampanye online seperti mereka, bahkan dengan budget terbatas sekalipun.

Anda tidak perlu memiliki anggaran tanpa batas seperti yang digelontorkan perusahaan-perusahaan besar untuk memulai kampanye marketing online. Cara yang akan kami hadirkan di sini dapat Anda terapkan dengan biaya seminimal mungkin.

Tertarik mencoba?

Nah, agar hasilnya lebih maksimal, setidaknya ada tiga hal yang perlu lebih dulu Anda perhatikan. Di bawah ini kami berikan penjelasannya.

1. Tentukan Target Pasar

6+ Tips Marketing Online dengan Budget Terbatas

Kampanye pemasaran Anda tidak akan berhasil apabila Anda belum mengetahui secara pasti target pasar yang ingin Anda sasar. Sebelum Anda mulai mengeluarkan uang untuk pemasaran, semuanya harus jelas terlebih dahulu.

Jika Anda mengetahui produk maupun layanan yang Anda tawarkan, seharusnya Anda juga telah memiliki bayangan seperti apa calon pelanggan Anda nantinya. Pertanyaan lain yang perlu Anda perhatikan, misalnya: siapa yang tertarik dengan produk/layanan Anda? Apakah laki-laki, atau perempuan? Berapa kisaran umurnya? Apa yang sebenarnya disukai para pelanggan?

Tips marketing online ini mungkin dapat memakan waktu cukup lama. Namun, apabila Anda berhasil menemukannya, segalanya akan terasa lebih mudah bagi Anda.

2. Tetapkan Tujuan Pemasaran

6+ Tips Marketing Online dengan Budget Terbatas

Saya mengerti bahwa peningkatan omzet menjadi tujuan utama kampanye pemasaran Anda. Di samping itu, ada tujuan-tujuan lain yang juga dapat Anda capai. Misalnya saja, Anda bisa memanfaatkan kampanye pemasaran untuk meningkatkan brand awareness layanan yang Anda tawarkan.

Jika telah mengetahui tujuan kampanye pemasaran, Anda lebih mudah mengatur anggaran yang sesuai berikut strategi seperti apa yang dapat Anda terapkan untuk meraih lebih banyak penjualan.

3. Jalankan Sesuai Anggaran yang Anda Miliki

6+ Tips Marketing Online dengan Budget Terbatas

Setelah menemukan target pasar berikut tujuan pemasaran yang pasti, kini saatnya Anda menyesuaikan anggaran yang Anda miliki. Jika Anda memiliki anggaran terbatas, sebaiknya Anda fokus pada strategi yang tidak banyak memakan biaya.

Salah satunya, Anda dapat memanfaatkan marketing online. Selain menghemat uang yang Anda keluarkan, cara ini dapat Anda kembangkan sesuai keinginan Anda.

Ada banyak strategi yang bisa Anda terapkan untuk memulai marketing online. Anda perlu cermat di sini karena tidak semua tips marketing online hemat biaya.

Yang jelas, untuk mempermudah kampanye marketing online Anda sebaiknya memiliki website terlebih dahulu. Sebagai awalan, website berupa company profile sederhana pun tidak apa-apa, asalkan memuat informasi yang jelas mengenai produk serta layanan Anda.



Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *